Kumpulan Lapak di Dunia Blog | Tiraini

Kumpulan Lapak di Dunia Blog

Sama seperti halnya catatan pada umumnya, blog pun memuat beragam informasi unik dari setiap penulisnya. Usut punya usut, ternyata banyak sekali ladang bisnis yang ada di dunia blog. Pada artikel kali ini saya sudah mengumpulkan beberapa jasa yang umum ditawarkan di dunia blog dalam Kumpulan Lapak di Dunia Blog. Yuk di simak!

Bisnis – Internet membawa pengaruh positif sejak awal diluncurkan. Beberapa benda fisik perlahan-lahan diubah menjadi bentuk digital. Pun terjadi pada catatan, dulu orang mencatat dan menuangkan pikiran mereka melalui menulis. Menggunakan pena dan menggoreskannya pada kertas, mereka membuat buku catatan mereka sendiri. Kini catatan dapat dituangkan tak hanya pada kertas, tapi juga dapat ditulis/diketik ke dalam laman web, namanya Web Log atau lebih umum disebut Blog.
Sama seperti halnya catatan pada umumnya, blog pun memuat beragam informasi unik dari setiap penulisnya. Bagi sebagian orang, blog menjadi tempat mereka berbagi karya seperti cerita, puisi, bahkan novel karya mereka sendiri. Ada pula yang berbagi informasi tentang kehidupan berbekal dari pengalaman pribadi seperti kesehatan, pendidikan, bahkan bisnis. Sebagian yang lain hanya menuliskan opini mereka tentang permasalahan yang ada di dunia ini. Dan sisanya memanfaatkan blog atau dunia blog sebagai ladang bisnis.
Kumpulan Lapak di Dunia Blog
Usut punya usut, ternyata banyak sekali ladang bisnis yang ada di dunia blog. Beberapa diantaranya dihargai dengan nilai yang fantastis ketika bertransaksi. Mau tau? Nah pada artikel kali ini saya sudah mengumpulkan beberapa jasa yang umum ditawarkan di dunia blog dalam Kumpulan Lapak di Dunia Blog. Yuk di simak!

Jasa Build Blog/Website

Yang pertama adalah jasa pembuatan blog/website itu sendiri. Jasa ini menarget ke orang-orang yang ingin memiliki blog atau website, tapi tidak tau atau enggan membuat dari awal. Jasa ini menawarkan pembuatan blog/website dengan tema/niche tertentu dari awal, mulai dari pemilihan nama (ada pula pelanggan yang request), pemilihan theme/template, settings, isi artikel, hingga pembuatan logonya. Beberapa juga menawarkan domain TLD dalam paketnya.
Intinya, jasa ini menawarkan paket komplit berupa pembuatan blog/website, nah pelanggan hanya terima jadi dan hanya perlu mengembangkannya. Apakah anda tertarik?

Jasa Penulisan/Pembuatan Artikel

Yang kedua adalah jasa penulisan/pembuatan artikel. Dalam dunia blog, konten atau artikel adalah bagian yang amat penting, bisa dikatakan merupakan nyawa dari blog itu sendiri. Artikel yang bagus dan informatif akan mengundang banyak pengunjung yang secara langsung akan membesarkan blog itu sendiri. Namun ada beberapa orang yang merasa sulit saat membuat artikel, pun ada juga yang malas membuat artikel. Nah, orang-orang seperti itu yang menjadi sasaran pasar dari jasa ini.
Jasa ini menawarkan penulisan artikel, bisa sebagai writer/content creator (artinya masuk ke dalam pengurus blog sebagai penulis), bisa juga hanya sebagai pembuat artikel yang diketik dan dikirimkan ke pelanggan. Bayaran dari pembuat artikel ini biasanya ditentukan dari tema/niche blog, dari jumlah kata per artikel, dan dari bahasa yang digunakan (Indonesia/Inggris).
Sedangkan bayaran untuk jasa penulis itu sendiri biasanya ditentukan dari kesepakatan antara penulis dan pemilik blog, dan biasanya si penulis mendapatkan target untuk menulis sejumlah artikel dalam waktu tertentu. Bagaimana? Anda tertarik mencoba jasa ini?

Jasa Pembuatan Logo/Desain

Jasa selanjutnya tak kalah penting, yakni jasa pembuatan logo/desain. Blog tidak hanya merupakan catatan online, tapi blog juga bisa menjadi representatif dari brand tertentu. Oleh karena itu, dalam pembuatannya blog memerlukan identitas dasar seperti nama, dan juga gambar logo. Jika anda menginginkan adanya logo di blog anda, namun kemampuan anda kurang dalam hal desain, maka jasa ini bisa menjadi solusi anda.
Jasa ini umumnya menawarkan untuk pembuatan gambar logo pada blog atau website. Beberapa diantaranya sudah menyediakan paket lengkap berupa gambar untuk logo header, favicon, watermark, hingga banner-banner. Biaya dari pembuat logo ini bervariatif tergantung dari tingkat kerumitan logo dan jumlah gambar yang dibuat berdasarkan paket. Bagaimana? Tertarik?

Jasa Optimasi Template

Blog sudah, artikel sudah, logo juga sudah, apalagi ya? Bagaimana dengan tampilan di blog anda? Menarik kah? Responsive kah? Lalu, bagaimana kecepatan loading di blog anda? Cepat, sedang, atau bahkan lambat? Hmmm, mungkin anda butuh jasa ini. Yups, jasa optimasi template blog.
Template adalah salah satu bagian penting dari blog. Template menjadi antarmuka pertama yang dilihat oleh pengunjung blog. Dan dari template ini lah pengunjung merasakan pengalamannya di blog anda, apakah menyenangkan atau tidak. Indikator pertama adalah sebagaimana menariknya tampilan blog anda? Tidak perlu banyak gambar, beberapa desain yang simple pun banyak diminati kok. Yang kedua adalah, seberapa cepat blog anda dimuat. Jika blog anda sulit atau lama dimuat, bisa jadi pengunjung akan kabur duluan sebelum melihat apalagi membaca artikel anda.
Jasa ini menawarkan optimasi template agar halaman blog lebih ringan, pun juga tampilannya lebih menarik. Meskipun sudah banyak template gratis maupun premium yang bisa anda dapatkan, tapi untuk menyesuaikannya antara keinginan anda dengan keinginan pengguna, anda mungkin masih merasakan kesulitan. Anda bisa mencoba jasa yang satu ini.

Jasa Optimasi SEO

SEO atau Search Engine Optimizer adalah teknik pengoptimalan website atau blog dengan algoritma dari mesin pencari (umumnya Google). Tujuan dari SEO adalah untuk menampilkan artikel atau halaman anda pada urutan teratas dari pencarian kata kunci di mesin pencari. Ada banyak sekali teknik SEO yang bisa digunakan, bisa on page, bisa juga off page. Meskipun beberapa mudah dipahami dan dilakukan, namun ada juga yang cukup sukar untuk dipahami, apalagi di lakukan.
Jika anda merupakan pengembang website atau blog yang berisi artikel dan membutuhkan optimasi SEO, namun anda kekurangan waktu untuk mempelajari SEO, maka anda bisa mencoba jasa ini. Jasa ini bisa mengoptimalkan blog/website anda dengan berbagai algoritma yang digunakan oleh mesin pencari. Biaya untuk jasa yang satu ini cukup tinggi, mengingat mesin pencari adalah sumber utama penggunjung.

Jasa Periklanan

Sama seperti stasiun televisi, blog juga merupakan media yang dapat pula diisi dengan iklan. Iklan merupakan sumber pendapatan utama dari blog/website. Iklan di blog dapat berupa text, gambar, maupun ulasan di artikel. Umumnya, jasa periklanan ini dibuka oleh blog/website yang memiliki jumlah kunjungan yang tinggi. Besarannya pun ditentukan oleh jumlah pengunjung itu sendiri dan jenis atau ukuran iklan yang digunakan. Kontrak penayangan iklan umumnya dalam jangka waktu 1 bulan atau kelipatan. Jika blog Anda memiliki jumlah pengunjung yang tinggi, bisa lho untuk memasang jasa ini.

Jasa Penjualan Akun Google Adsense (GA)

Google Adsense (GA) merupakan platform penayangan iklan yang dimiliki oleh Google. Iklan yang ditayangan ini berasal dari orang-orang yang menggunakan Google Ads. Jadi begini, Google Ads untuk advertiser, sedangkan Google Adsense untuk publisher. Sebagian blogger mengincar GA karena memiliki prospek penghasilan yang cukup tinggi, namun cukup sulit untuk mendapatkan akunnya karena Google mempunyai kebijakan sendiri.
Ada blogger yang dengan sabar mengembangkan blognya agar memenuhi TOS dari Google, ada pula yang menggunakan jalan pintas. Nah jasa ini lebih kepada orang yang memilih jalan pintas dengan membeli akun GA. Intinya penyedia jasa ini “beternak” akun Google Adsense lalu menjualnya ke orang yang butuh. Biayanya beragam, tergantung jenis akunnya, saldo di dalamnya, dan lain-lainnya.
Okay, itu saja informasi di artikel kali ini. Mungkin masih banyak jasa-jasa di luar sana yang belum saya sebutkan di atas, bila anda punya informasinya, boleh banget disampaikan di kolom komentar agar pembaca yang lain juga mengetahuinya. Tapi dilarang numpang lapak di sini ya. Terimakasih sudah berkunjung ke blog ini dan membaca artikel ini. Salam!
Catatan kaki:
Label:

Post a Comment

[disqus]

Tiraini

{facebook#https://www.facebook.com/rzlnhd/} {twitter#https://twitter.com/rzlnhd/} {instagram#https://www.instagram.com/rzlnhd/} {pinterest#https://id.pinterest.com/Mr96Rizal/}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.