Hypesia – Media Sosialnya Indonesia | Tiraini

Hypesia – Media Sosialnya Indonesia

Hingga kini, media sosial yang paling banyak menyebarkan informasi adalah Facebook. Namun, baru-baru ini muncul media sosial baru yang “mirip” dengan Facebook. Media sosial ini bernama Hypesia dan dikembangkan oleh Willy Odeng yang merupakan anak bangsa Indonesia. Mau tau keunggulan platform ini?

Teknologi – Bukan rahasia lagi bahwa sekarang ini Internet sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari setiap orang. Hampir semua informasi bisa didapatkan dari internet, mulai dari berita, hiburan, dan informasi lainnya. Pun di internet kita juga bisa berinteraksi dengan pengguna lain layaknya mengobrol di dunia nyata.
Sosial media menjadi bagian terpenting dalam bertransaksi di internet. Beragam informasi dibagikan oleh orang-orang melalui media sosial mereka. Hingga kini, media sosial yang paling banyak menyebarkan informasi adalah Facebook. Ya, Facebook masih menjadi primadona masyarakat Indonesia untuk berinteraksi sosial, karena keunggulannya yang mempunyai banyak fitur dan fungsi. Hingga Januari 2018 kemarin, tercatat jumlah pengguna Facebook di Indonesia mencapai 130 juta akun, dan menempati posisi ke-4 terbesar di dunia.
Hypesia
Namun, baru-baru ini muncul media sosial baru yang “mirip” dengan Facebook. Mengikuti jejak Weibo di China dan VK di rusia, seorang teman blogger berani membuat sebuah media sosial baru. Media sosial ini bernama Hypesia dan dikembangkan oleh Willy Odeng yang merupakan anak bangsa Indonesia. Secara umum Hypesia memang mempunyai berbagai fitur mirip Facebook, seperti Kronologi (Timeline), Grup, bahkan Fans Page. Sama seperti Facebook, di Hypesia kita juga bisa berbagi status, foto, hingga video, serta dapat mengobrol dengan pengguna lain menggunakan fitur obrolan. Bahkan kita juga bisa berbagi story layaknya Instagram.
Meskipun baru diluncurkan tanggal 11 September 2018 lalu, dan masih dalam tahap pengembanggan, pengguna Hypesia tercatat sudah lebih dari 1000 orang, dan masih bisa bertambah. Nah, pada artikel kali ini saya akan berbagi sedikit banyak tentang Hypesia ini. Monggo disimak.

Tampilan Hypesia

Dari segi tampilan memang mengingatkan kita dengan media sosial raksaksa Facebook, hanya saja warna tema yang diambil berbeda jauh. Hypesia menggunakan warna hijau dan putih sebagai warna dominan pada tampilannya. Dari segi tampilan, saya sendiri sudah cukup puas. Karena sangat clean, smooth dan cukup responsif dengan ukuran layar gawai yang digunakan. Saya sendiri lebih sering membuka webnya dari Smartphone saya.
Hypesia - UI

Keunggulan Hypesia

Selama 2 hari pemakaian, saya merasakan ada perbedaan mencolok antara Hypesia dengan sosial media serupa. Yaitu,
  1. Fast Loading
    Keunggulan Hypesia yang paling saya rasakan adalah kecepatan membuka halaman yang super cepat. Saya merasakan perbedaan mencolok ketika saya membuka Facebook, Twitter, dan Instagram, dengan saat saya membuka Hypesia menggunakan browser Smartphone. Saya merasakan kesungguhan dari pengembang dalam meningkatkan kecepatan loading halaman di sini.
    Dengan fitur yang hampir mirip, kecepatan ini menjadi nilai tersendiri, dan semoga pengembang tetap mempertahankan keunggulan ini meskipun nantinya akan ada penambahan baik dari fitur maupun pengguna.
  2. Smooth and Clean UI
    Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, tampilan dari Hypesia juga saya rasa sudah dipikirkan dengan matang. Meskipun saya sendiri awalnya merasa kesulitan saat mencari menu untuk mengubah profil saya sendiri, karena menu ini tersembunyi (atau saya yang kurang eksplore).
    Tapi, saya merasa cukup puas dengan UI dan UX yang disuguhkan. Mungkin catatan saya untuk pengembang adalah untuk lebih cermat saat menempatkan fitur ubah profil. Alangkah lebih mudah dan efisien jika ditampilkan di halaman profil pengguna. Hehhe...
  3. Pengembang asli orang Indonesia
    Mungkin ini yang paling saya unggulkan. Yups, karena pengembangnya asli Indonesia, jadi bisa memudahkan penyampaian saran dari pengguna untuk pengembang. Dan pengembang pun dapat membuat fitur-fitur baru yang sesuai dengan pola pikir dan keseharian masyarakat Indonesia, sehingga fitur-fitur tersebut selain tepat sasaran, juga diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan di masyarakat.
Terakhir, saya sangat senang dengan karya mas Willy Odeng yang secara berani membuat sosial media “khsus” di Indonesia. Dan saya merasa Hypesia ini sudah cukup layak untuk digunakan, meskipun masih perlu adanya penyempurnaan. Pengalaman saya sebagai pengguna selama 2 hari cukup menyenangkan. Mungkin jika disuruh untuk mereview, saya akan memberi nilai 8.5 dari skala 10.
Nah buat Anda yang tertarik untuk membuka akun di Hypesia, silahkan klik link berikut. Tenang... Anda bisa log in dari akun Facebook anda kok. Daftarnya juga cepat. Silahkan mencoba.
Okay, cukup sekian artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada kesalahan. Terimakasih sudah mau berkunjung ke blog ini dan membaca artikel ini. Salam!
Catatan kaki:
  • https://web.facebook.com/willy.odeng.716/posts/321963511910724
  • https://web.facebook.com/groups/KomunitasBlogger.id/permalink/2068684526554103/
Label:

Post a Comment

[disqus]

Tiraini

{facebook#https://www.facebook.com/rzlnhd/} {twitter#https://twitter.com/rzlnhd/} {instagram#https://www.instagram.com/rzlnhd/} {pinterest#https://id.pinterest.com/Mr96Rizal/}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.