Sebulan Menikmati Layanan Internet Indosat | Tiraini

Sebulan Menikmati Layanan Internet Indosat

Jadi begini, sekitar satu bulan yang lalu saya beralih HP. Sekarang saya beralih ke HP GSM. Nah, jadi artikel kali ini saya mau berbagi pengalaman saya selama sebulan menikmati layanan internet Indosat. Sebagai catatan, artikel ini TIDAK disponsori oleh siapapun atau pihak manapun.

Curhatan - Jadi begini, sekitar satu bulan yang lalu saya beralih HP. Awalnya saya menggunakan HP Andromax lebih dari 2 tahun, karena saya suka sama jaringan internet Smartfren yang super kenceng dan murah (dulu). Sekarang saya beralih ke HP GSM yang tentunya tidak lagi menggunakan provider Smartfren. Nah, jadi artikel kali ini saya mau berbagi pengalaman saya selama sebulan menikmati layanan internet Indosat. Sebagai catatan, artikel ini TIDAK disponsori oleh siapapun atau pihak manapun.
Sebelumnya, saya punya satu nomor yang masih saya gunakan dari sejak tahun 2008 lalu. Sekitar bulan Oktober tahun 2016 lalu, saya baru upgrade Andromax dan mulai menggunakan slot dual micro SIM. Karena dual, sehingga ada 1 slot yang masih bisa dimanfaatkan untuk kartu SIM selain Smartfren, saya pakailah SIM card jadul itu. Tentunya karena kartu jaman 2008 agak susah untuk dipotong jadi micro SIM, jadi harus saya upgrade biar muat ke HP Baru ini. Selain itu saya upgrade kartu SIM juga kerena untuk mengupgrade teknologinya juga.
Setelah itu, sekitar 1 bulan yang lalu saya ganti HP lagi. Kebetulan sekarang HP saya hanya punya 1 slot kartu SIM, sehingga saya memilih untuk menggunakan nomor lawas saya itu. Nah nomor ini pakai provider Indosat, oleh karena itu mau tidak mau saya harus pakai jaringan internet Indosat. Awalnya saya ragu soal jaringan dan kecepatannya, setelah satu bulan nyoba, persepsi saya berubah. Mau tau? Simak ulasannya di bawah ini.
Selama pemakaian, saya menggunakan paket Unlimited yang harganya 60rb. Paket ini termasuk UNLIMETED YouTube, Spotify, Iflix, dan Daily Apps (LINE, WhatsApp, BBM, Go-Jek, Grab, Facebook, Instagram, Messenger, Path, Twitter). Udah gitu masih ditambah data sebesar 5GB di seluruh jaringan dan masih bisa ditambah 3GB lagi (berlaku 1 Minggu) jika beli pakai aplikasi MyIM3. What? Really? Seriously? Are you Sure? Sumpah gak percaya.
Lalu ada spekulasi lagi di kepala saya. “Ah paling lemot”; “Paling jaringannya gk stabil”; “Palingan jangkauannya kurang”; “Paling putus nyambung”; dan sebagainya.
Tapi setelah satu bulan, spekulasi saya tidak terbukti sama sekali. Beneran! Ya walaupun gk sepenuhnya terbantahkan, tapi saya cukup nyaman dengan layanan Indosat. Memang jaringannya kadang putus nyambung, pun juga gk seluas provider sebelah, kecepatannya juga gk sekencang provider tetangga, tapi penawarannya? Beuuh... Luar biasa bro!
Pemakaian YouTube
Paket ini merubah kebiasaan saya yang awalnya hanya membuka YouTube sesekali jadi sering banget menonton video di YouTube. Hampir setiap hari malah. Penggunaan data saya saja tembus 10GB lebih selama 1 bulan. Akses sosial media lain juga gk perlu takut kehabisan data, orang udah unlimited. Jadi gambarannya bonus data itu hanya digunakan pas browsing, dan download doank, selebihnya unlimited bro! Toh akhirnya 5GB itu aja masih sisa 400-an MB, gak ilang lagi. Malah buat nambahin data buat paketan bulan depan, karena ada data rollover-nya. Mantep gak tuh? Gila gak tuh? Kurang apa lagi tuh? Luar biasa bro!
Nah buat kita yang makai aplikasi MyIM3. Kita akan mendapat keuntungan lebih. Selain bisa dapat bonus data 3GB selama 1 Minggu jika beli paket bulanan lewat aplikasi ini. Juga bisa menghemat pengunaan data dengan fungsi data saver yang ada di dalamnya. Cara kerjanya adalah, data saver ini mengaktifkan VPN yang dapat menonaktifkan aplikasi tertentu untuk menggunakan data. Jadik kita dapat memilih aplikasi-aplikasi tertentu yang diijinkan menggunakan data. Menarik bukan?
VPN SMS
Tapi, tapi... Ada kekurangannya nih. Ada satu hal yang membuat saya gak nyaman. Yaitu terlalu seringnya SMS notifikasi dari Indosat. Intinya sih memberitahukan bahwa kita baru saja menggunakan akses unlimited dari Indosat. Kalau satu atau 2 kali sebulan sih gak apa-apa, nah ini bisa sekali sehari. Nyebelin sumpah. Selain itu sih paling ya lemahnya jaringan di desa atau di gedung yang lantainya tinggi, atau di dalam Mall. Ditempat-tempat itu sinyal kadang atau bahkan sering ilang tak berbekas. Selain itu jaringan 3G atau H+-nya juga kurang kenceng, jadi gak bisa jadi jaringan alternatif (mungkin karena paketannya juga).
Overall saya puas dengan layanan Indosat, meskipun ada satu dua hal yang cukup menyebalkan. Mudah-mudahan tulisan ini bisa sampai ke pihak Indosat supaya bisa ditingkatkan lagi pelayanannya. Karena sampai kapanpun saya tidak akan ganti nomor. Karena tidak ganti nomor jadi saya gak akan ganti provider, sehingga saya akan tetap pakai Indosat selama masih jadi provider nomor saya.
Okay, cukup sekian curhatan panjang saya. Terimakasih sudah mau berkunjung ke blog ini dan membaca tulisan ini sampai baris ini. Mohon maaf bila ada kesalahan-kesalahan. Salam!
Label:

Post a Comment

[disqus]

Tiraini

{facebook#https://www.facebook.com/rzlnhd/} {twitter#https://twitter.com/rzlnhd/} {instagram#https://www.instagram.com/rzlnhd/} {pinterest#https://id.pinterest.com/Mr96Rizal/}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.