Investasi? Pilih Bukalapak atau Tokopedia? | Tiraini

Investasi? Pilih Bukalapak atau Tokopedia?

Ulasan perbandingan produk dan layanan investasi antara Bukalapak dan Tokopedia.

Finansial – Halo pembaca setiaku.. Lama tak bersuara di blog tercintaku yang udah mulai berdebu ini. Sembari bersih-bersih dan rapih-rapih aku mau berbagi informasi yang cukup menarik buat para investor, atau buat kamu yang tertarik dengan dunia investasi dengan beragam tujuan. Sudah siap? So, check this out!.
Bukalapak dan Tokopedia, hampir semua orang tau salah satu atau bahkan kedua platform toko online ini. Bukalapak sudah hadir sejak tahun 2009 silam, sedangkan Tokopedia baru muncul 2 tahun setelahnya di 2011. Well, dari segi popularitas sepertinya Tokopedia masih mengungguli Bukalapak, aku sendiri juga salah satu pengguna Tokopedia, mungkin sejak 2014. Sejauh ini belum pernah ada komplain dengan layanan yang ada di Tokopedia. Sedangkan untuk Bukalapak, seingatku dulu aku pernah membelikan HP Nokia buat Ibuku lewat platform ini, waktu sebelum belum dikalahkan Tokopedia dari segi fitur-fiturnya.

Brainstorming

Oke, sekarang kita bahas layanan investasi di kedua platform ini. Layanan tabungan emas di Tokopedia hadir lebih dahulu dengan menggandeng BUMN Pegadaian sebagai mitranya. Tidak sulit untuk mendaftar sebagai nasabah, tidak sulit juga untuk mengupgrade akun ke prestige. Dulu hanya perlu datang ke Pegadaian dan bilang ke petugasnya untuk verifikasi akun, dan Wala!, akun langsung terupgrade. Kemudian untuk produk finansial lainnya seperti Reksadana, Tokopedia menggandeng Bareksa sebagai mitra APERD-nya. Di Tokopedia sendiri ada 2 produk Reksadanya yang bisa dibeli.
Beralih ke Bukalapak. Layanan investasinya tidak jauh berbeda dengan Tokopedia, ada tabungan Emas, dan juga Reksadana. Berbeda dengan Tokopedia, Bukalapak menggandeng Indogold sebagai mitra layanan tabungan Emasnya. Sedangkan untuk layanan reksadananya sepertinya sama-sama menggandeng Bareksa sebagai mitra APERD-nya. Selain Bareksa, ada satu lagi mitra APERD yang digandeng Bukalapak untuk layanan Reksadana, yaitu Tanamduit.

Kelebihan dan Kekurangan Masing-Masing

Sebagai pengguna kedua platform (untuk belanja), aku sendiri baru menggunakan layanan investasi milik Tokopedia. Disamping lebih dulu hadir (kayaknya), pendaftarannya juga cukup mudah dan cepat. Selain itu pembelian produk investasinya juga tidak mahal, cukup dengan Rp10.000,- saja sudah bisa membeli emas maupun reksadana.
Tapi baru-baru ini aku mengobservasi layanan investasi milik Bukalapak dan cukup tercengang dengan itu. Aku menemukan layanan-layanan tambahan yang tidak tersedia di Tokopedia. Bisa dibilang lebih komplit, namun juga ada yang di Tokopedia ada tapi di Bukalapak tidak ada. Menarik bukan? Berikut rangkuman kelebihan dan kekurangan layanan Investasi masing-masing platform.

Layanan investasi Tokopedia

Tokopedia Emas
Tokopedia Emas menyediakan layanan tabungan emas dan jual beli emas dengan mitra Pegadaian. Tidak banyak layanan yang ada di Tokopedia emas, hanya layanan beli dan jual serta informasi grafik harga emas 3 bulan terakhir. Selebihnya hanya ada fitur langganan emas setiap bulan, bisa dalam bentuk rupiah maupun dalam bentuk gram. Selain itu sepertinya belum ada lagi.
Selama aku menggunakan layanan ini, pernah satu kali aku melayangkan komplain ke CS Tokopedia via Instagram karena ada transaksi pembelian emas yang tidak tercatat. Untungnya baru melayangkan komplain, transaksi tersebut sudah kembali tercatat dan saldo sudah kembali normal.
Oh iya, ada 3 tingkatan akun di Tokopedia emas, semakin tinggi tingkatan akun tersebut semakin banyak pula keuntungan yang akan kamu dapetin. Level pertama adalah Gold Club, level kedua adalah Gold Prime, dan level tertinggi adalah Gold Prestige. Kamu bisa meningkatkan level akun kamu secara gratis, cukup ikuti panduan dan langkah-langkahnya saja.
Tokopedia Reksa Dana
Untuk layanan Reksa Dana, Tokopedia hanya menyediakan 2 produk yang semuanya berjenis Pasar Uang. Reksadana ini memang memiliki tingkat risiko yang rendah, namun keuntungannya tidak terlalu tinggi, hanya berkisar antara 5-10% per tahun. Layanan yang diberikan juga cukup standar, seperti jual beli reksa dana dan proyeksi keuntungan dalam waktu 1 tahun berdasarkan portfolio produk.
Layanan tambahan yang cukup menarik bagi menurutku selain adanya fitur berlangganan, di Tokopedia juga ada Dana Impian. Ini semacam tabungan tertarget dengan angsuran tertentu dalam jangka waktu tertentu yang bersumber dari Reksadana. Menariknya, Reksa Dana di Dana Impian tidak bisa kamu jual sebelum Dana Impian tersebut selesai atau kamu batalkan. Cocok nih buat yang sering tergiur tabungan untuk jajan.

Layanan investasi Bukalapak

BukaEmas
Tabungan Emas di Bukalapak atau BukaEmas menyediakan lebih banyak layanan dibandingkan dengan Tokopedia. Di Bukalapak Kamu bahkan bisa membeli emas dengan nilai atau berat tertentu dangan cara dicicil dalam waktu tertentu. Pembayarannya akan dilakukan setiap bulan selama periode yang kamu pilih. Dan lebih menyenangkannya lagi tidak ada biaya administrasi tambahan untuk ini. Selain itu harga emas yang dipakai (kalau tidak salah) adalah harga emas saat kamu mulai memutuskan untuk membeli.
Layanan tambahan lainnya adalah, kamu bisa mencetak / sertifikasi saldo tabungan emas kamu. Kamu bisa mulai mencetak emas kamu jika kamu sudah punya saldo emas 1gr, 2gr, 3gr, 4gr, 5gr, 10gr, dan 25gr. Biaya cetak bervaiasi untuk masing-masing berat. Dan keping emas ini akan dikirimkan ke rumah kamu. Tentunya dengan ongkos kirim yang bervariasi juga ya.
Tidak ada tingkatan akun di BukaEmas. Cukup dengan Rp10.000,- saja, Kamu sudah bisa menabung emas di Bukalapak. Berhubung aku belum pernah menggunakan layanan ini, jadi belum ada kekurangan yang aku temui di BukaEmas.
BukaReksa
Yang terakhir, aku cukup Amaze dengan layanan BukaReksa. Disamping bisa menilai diri kita masuk ke jenis investor yang mana (konservatif, Moderat, atau Agresif), juga menyediakan laman sendiri untuk portfolio kita sebagai investor. BukaEmas juga menyediakan banyak sekali produk Reksadana sesuai dengan jenisnya dan juga sudah dikelompokkan berdasarkan tingkat risikonya mulai dari rendah, menengah, hingga berisiko tinggi.
Dengan banyaknya ragam produk reksadana ini, BukaReksa juga menyediakan paket investasi yang bisa kamu beli. Paket investasi ini menggabungkan beberapa produk reksadana atau bahkan BukaEmas yang sudah dipilihkan oleh Bukalapak dengan proyeksi rasio keuntungan tertentu. Pastinya ini akan sangat memudahkan kamu untuk berinvestasi reksadana. Karena kamu tidak perlu melihat laporan Manager Investor masing-masing reksadana untuk menentukan mana yang cocok untuk kamu.
Di BukaReksa kamu juga bisa membeli unit reksadana cukup dengan Rp10.000,- saja, tentunya untuk reksadana tertentu ya. Tapi berbeda dengan Tokopedia, BukaReksa tidak memiliki layanan Dana Impian, jadi kamu tidak bisa mentarget tabungan reksadanamu di sini. Tapi ada fitur langganan yang bisa kamu pilih agar memudahkan kamu dalam membeli reksadana tanpa perlu melakukan transaksi dari awal.

Kesimpulan

Berhubung yang pernah aku gunakan baru dari Tokopedia, jadi aku sendiri tidak tau proses pembelian / penjualan produk-produk investasi di Bukalapak. Kalau di Tokopedia, beli emas langsung tercatat, dan untuk reksadana perlu menunggu selama 3 hari kerja untuk tercatat. Sedangkan untuk penjualan emas maupun reksadana di Tokopedia bisa langsung dicairkan, meskipun itu bukan hari kerja.
Di Bukalapak sendiri untuk pembelian dan penjualan emas sepertinya akan langsung tercatat. Sedangkan untuk pembelian reksadana membutuhkan waktu paling lama 7 hari kerja untuk bisa tercatat. Dan aku belum menemukan detail informasi untuk penjualan reksadananya.
Kesimpulannya adalah untuk kamu yang hanya butuh jual beli emas, kamu bisa menggunakan layanan dari Tokopedia. Tetapi jika emas itu mau dicetak dalam bentuk keping, kamu harus menggunakan layanan BukaEmas, karena Tokopedia tidak memberikan layanan itu. Pada layanan Reksadana, Tokopedia lebih memilih menyediakan layanan reksadana yang minim resiko, ini sangat bagus untuk investor pemula ataupun orang yang ingin menabung uang dalam jumlah tertentu. Tapi jika kamu investor ulung, aku sangat merekomendasikan BukaReksa karena layanannya sangat lengkap dengan pilihan produk reksadana yang sangat beragam.
Oke. Cukup sekian pembahasan ngalor ngidul dari aku. Semoga penjelasan yang cukup panjang ini bisa membantumu menentukan platform mana yang akan kamu pilih sebagai mitra investasi. Terimakasih, sampai jumpa di artikel yang lain.
Catatan kaki:
  • Info: Observasi di masing-masing aplikasi.
  • Gambar-gambar: Screenshot pribadi di masing-masing aplikasi.
Label:

Post a Comment

[disqus]

Tiraini

{facebook#https://www.facebook.com/rzlnhd/} {twitter#https://twitter.com/rzlnhd/} {instagram#https://www.instagram.com/rzlnhd/} {pinterest#https://id.pinterest.com/Mr96Rizal/}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.