Ada Apa dengan GoJek Hari Ini? | Tiraini

Ada Apa dengan GoJek Hari Ini?

Sedikit curhatan hari ini. Ada kejadian menarik yang membut saya bertanya-tanya, Ada Apa dengan GoJek Hari Ini? Ternyata eh ternyata...

Hari ini - Matahari mulai menampakkan sinarnya. Sepertinya aku kesiangan hari ini. Ya mungkin karena tadi malam aku terlalu asik membenahi blogku yang satu ini, sehingga tidurku jadi terlalu larut. Maklum, sudah lama sekali tidak menulis di blog ini. Terakhir menulis itu karena tuntutan yang saat itu sedang mengikuti lomba artikel. Nah, berhubung lagi berniat kembali ke dunia tulis menulis, jadi harus membenahi blog ini dulu.
gojek hari ini
Hari ini semuanya tampak normal, kecuali diriku yang bangun kesiangan. Jadi kemarin aku sudah merencanakan apa yang akan dan harus aku lakukan hari ini. Pertama, mengurus surat keterangan masih aktif kuliah. Ya, saat ini aku masih kuliah dan sudah di semester lanjut yang seharusnya sudah mempersiapkan segala sesuatu untuk segera lulus. Dan kedua, aku harus mengurus pendaftaran Tugas Akhirku yang kian lama kian mengkrak.
Kenapa harus hari ini diurus? Karena surat keterangan tadi itu memang harus segera diurus, untuk keperluan dinas bapakku yang PNS. Aku gak tau detailnya, tapi yang jelas besok harus sudah dikumpulkan. Nah yang kedua, aku sudah merencanakan kepulanganku ke rumah itu besok hari. Ya, jadi aku harus segera menyelesaikan urusan administrasi seperti pengajuan dan pendaftaran Tugas Akhir sebelum aku pulang. Biar ayem ceritanya...
Okay... Lanjut. Hari ini aku terbangun sekitar jam 8 pagi. Aku bergegas membuka laptopku, melengkapi dan mengisi borang pendaftaran TA, serta memindahkannya ke flashdisk bersama dengan usulan proposal TA untuk kemudian dicetak. Karena masih awam dengan borang itu, jadi aku coba bertanya kepada kawan satu kelas, ya walaupun akhirnya ngawur tetap ngisi sepahamnya.
Aku beranjak dari kost sekitar pukul 9 pagi dan langsung menuju tempat fotocopy untuk print berkas-berkas tadi. Termasuk ngurus KRS yang sempat tertunda karena memang belum diurus. Ya maklum lah, semester tua kan... Buat apa cetak KRS... hahha... Saat mengurus KRS ini aku baru menemukan keanehan lain yang terjadi hari ini selain aku kesiangan. Jadi, pas aku bikin KRS versi tebal, mas-mas yang jaga fotocopy-an sempet menggumam bahwa tidak mendapatkan driver GoJek. Padahal saat itu dia sedang ingin mengirim barang menggunakan jasa GoSend. Okay, saat itu aku tidak terlalu menghiraukannya. Jadi, setelah KRS ku jadi, aku langsung meluncur ke kampus untuk menyelesaikan urusanku hari ini.
Sekitar jam setengah 10 pagi, aku sampai di kampus dan tujuan pertamaku adalah... Kantin... Yeay... Pertama karena memang belum sarapan, kedua sekaligus janjian dengan dosen untuk ketemuan. Naah, karena dosen pembimbing TA baru bisa ditemui siang menjelang sore, jadi aku putuskan untuk mengurus surat keterangan tadi itu dulu, barulah aku melengkapi berkas pendaftaran TA.
Alhamdulillah semua berjalan lancar walaupun hanya terselesaikan satu urusan, yaitu surat keterangan. Meskipun begitu, aku udah dapat tanda tangan persetujuan proposal dari pembimbing utama TA ku. Aku gak bisa dapat tanda tangan pembimbing kedua ku karena mungkin sudah terlalu sore, jadi beliaunya sudah pulang.
Setelah semua selesai, aku pulang ke kost dan baru mengamati keadaan sekitar kampusku. Dan ternyata... Masih banyak jaket hijau berpadu hitam di jalan maupun di pinggir jalan. Namun... Benar kata mas yang jaga fotocopy-an tadi, tidak ada driver GoJek yang lalu lalang atau bahkan mangkal menanti orderan. Weeeh... Kenapa oh kenapa? Ada Apa dengan GoJek Hari Ini? Timbullah pertanyaan...
display karya
Dari sini aku mulai memperhatikan dengan teliti sekelilingku. Sore itu aku masih harus mengurusi display pameran yang dilaksanakan besok hari, jadi hari ini targetnya semua sudah selesai. Sore itu kembali ku naiki motorku dan pergi ke Gallery Taman Budaya Jawa Tengah. Aku bersama beberapa orang teman KKN ku memang sudah merencanakan akan ikut mendisplay beberapa karya anak-anak desa Parang, lokasi KKN kami. Jadi kami harus mempersiapkan karya-karya tersebut untuk dipamerkan.
Sore itu, temanku yang memang biasa menggunakan jasa GoRide mengeluh sulit mendapatkan driver hari ini. Kembali lagi aku teringat dengan gumaman mas fotocopy-an. Hmmm... Makin penasaran aku dengan kejadian ini. Tidak biasanya driver GoJek sulit dijumpai, bahkan di kota Surakarta. Mungkin driver regional sini menyepakati libur hari ini kali ya, atau mereka lagi ingin berbagi penumpang dengan driver... Hmmm... Mungkin juga mereka sedang ingin beristirahat sehari... Ataau?... Ah sudahlah... Aku tidak mau berspekulasi...
Malamnya, setelah kami makan malam bersama, aku jadi ingin mengulas kejadian ini sekaligus mencari tau apa yang sebenarnya terjadi pada GoJek Surakarta hari ini. Karna setelah aku tanya temanku yang domisili Jogja, ternyata GoJek di sana aman-aman saja. Dan akhirnya pertanyaanku terjawabkan. Usut punya usut ternyata ribuan driver mitra GoJek se Soloraya berduyun-duyun mendatangi kantor PT. GI (Gojek Indonesia) di komplek Ruko selatan The Park Mall. Bukan karena kantor PT. GI sedang mengadakan hajatan lho ya, ternyata para driver ini ingin menyampaikan tuntutan mereka untuk mengembalikan Tarif Minimum.
demo gojek
Unjuk rasa driver GoJek menuntut tarif dikembalikan. (sumber: Sukoharjonews.com)
Jadi begini ceritanya. Awalnya pendapatan minimum driver GoJek ini Rp.8000 namun PT. GI menurunkannya menjadi Rp.5000 dan tetap ada potongan sebesar Rp.1000. Naah, bukan tambah gaji malah turun gaji. Tak tanggung-tanggung lho, dari 100% jadi 50% gaji. Karena itu mereka sepakat mogok dan meminta PT. GI mengembalikan pendapatan minimumnya. Simple sih... Sepertinya gak terlalu memberatkan, toh mereka ingin kembali ke semula, gak minta naik gaji. Ya kan?
Ya mudah-mudahan tuntutan mereka segera terkabul. Sehingga bapak-bapak, mas-mas, mbak-mbak ataupun ibu-ibu yang bekerja sebagai driver GoJek bisa segera bekerja kembali, mencari nafkah untuk keluarga mereka. Biar lebih banyak varian jaket ijo hitam yang berkeliaran di jalan... Aamiin...
Mungkin cukup sekian curhatan hari ini saya, mohon maaf bila menyita waktu Anda. Akhir kata, terimakasih kepada GoJek, karena kejadian ini saya jadi ada bahan untuk menulis di blog ini... Sekian...
Catatan kaki:
  • Sukoharjonews.com. 2018. Gojek Solo Raya Mogok Tuntut Pengembalian Tarif Minimum. Diambil dari : https://sukoharjonews.com/ragam/gojek-solo-raya-mogoktuntut-pengembalian-tarif-minimum/ (22 Maret 2018).
  • Sumber gambar 1: http://cdn2.tstatic.net/jogja/foto/bank/images/gojek-driver_ilustrasi_20170908_155136.jpg
  • Sumber gambar 3: https://sukoharjonews.com/wp-content/uploads/2018/03/20180322_091817-e1521686912477.jpg
Label:

Post a Comment

[disqus]

Tiraini

{facebook#https://www.facebook.com/rzlnhd/} {twitter#https://twitter.com/rzlnhd/} {instagram#https://www.instagram.com/rzlnhd/} {pinterest#https://id.pinterest.com/Mr96Rizal/}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.